Rabu, 23 Oktober 2013

Rahasia Rumah Reyot




Judul Buku : Rahasia Rumah Reyot.
Penulis       : Para Penulis Blogfam Dot Com
Penerbit     : Talikata Publishing House
Genre        : Kumpulan cerita Misteri/Detektif
Jumlah Halaman : 163 halaman
Terbit        : Cetakan pertama 2011
ISBN        : 978-6028906-84-5
----------------------------------------------

Kumpulan cerpen anak ini lahir dari tangan para peserta workshop Online perdana yang digelar Blogfam Dot Com. Tutornya adalah Pak Iwok Abqori, anggotanya tersebar di berbagai kota dengan berbagai kesibukanya. Kebetulan ehmm... saya waktu itu beruntung bisa menjadi pesertanya, gratis tanpa dipungut biaya. Asal rajin masuk kelas dan mengerjakan Pe-Ernya, jadi tentu saja saya juga menjadi salah satu kontributor salah satu cerita dalam buku tersebut ^^. Kumpulan cerita yang mulanya berasal dari tugas akhir kelas blogfam tersebut.

Salah satu cerita yang diangkat menjadi judul buku dan juga diilustrasikan pada kaernya adalah yang berjudul Misteri Rumah Reyot. Sinopsisnya adalah : Salma dan salman yang sedang jalan-ajalan di pantai pesisir Lampung melihat sebuah rumah reyot dari kejauhan. Dari sana tampak semburat sinar dari dalam rumah. Keluarnya sinar dalam rumah itu membuat mereka bertanya-tanya. Siapakah gerangan yang tinggal di rumah itu? manusia atau hantukah?

Saat Salman mengintip ke dalam rumah, betapa terkejutnya dia. Dia segera pulang dengan beberapa rencana di kepalanya.

Cerita-cerita yang disajikan hampir semuanya mengajak pembaca cilik berpikir untuk memecahkan misteri seperti layaknya detektif. Namun permasalahan yang dijadikan alur cerita bukan hal yang terlalu rumit, sebagaimana cerita yang berjudul -Mencari Rambut Papi- yang ditulis oleh Mbak Nadiah Alwi, permasalahan yang diulas menjadi cerita hanya seputar mencari wig seorang ayah yang tiba-tiba hilang. naluri petualang seorang anak membuat mereka menyelidiki kemana menghilangnya wig tersebut. Pembaca dibuat menebak-nebak juga kemana sih sebenarnya wig itu menghilang.

Ada juga sebuah cerita yang menyisipkan pengetahuan tentang sains, dalam cerita yang berjudul -Rahasia Ramuan Ajaib- yang ditulis oleh Mbak Firmawati menceritakan tentang kejadian pencurian di sebuah panti asuhan. Seorang anak bernama Dito mempunyai ide untuk menemukan siapa pelakunya dengan menggunakan ramuan ajaib. Barang siapa yang tidak jujur ketika ditetesi ramuan itu maka tangannya akan mengekerut. Ternyata ramuan itu adalah cairan tepung dan obat merah untuk luka. Ketika dua zat itu bercampur makan akan membuat warna menjadi hitam bukan lagi merah. Anak yang mencuri takut tangannya mengkerut tidak mencelupkan jarinya ke cairan tepung sehingga saat semua anak mendapati tangannya menghitam hanya si pencuri saja lah tangannya tetap menjadi merah. Dan Dito menemukan Ide ramuan ajaib ketika ia sedang membuat rempeyek dan mendapi adik asuhnya terluka.

Dan banyak lagi kisah-kisah seru di dalam buku ini yang saya rekomendasikan bagi penyuka cerita detektif. Dijamin asyik. *eh promo ya... maaf.com^^.

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari bersilaturrahmi dan berbagi informasi dengan meninggalkan komentar disini. Kami lebih menyukai komentar yang santun dan sesuai dengan konten isi postingan yaaa.. ^^