Kamis, 17 Oktober 2013

Pelari Cilik




Judul     : Pelari Cilik
Penulis  : Shabrina WS
Penerbit : Bestari
Jumlah halaman : 124 halaman
ISBN    : 978-979-063-099-4
---------------------------------

Gadis kecil bernama Sriswati, berusia 12 tahun. Dia berasal dari salah satu kampung di kabupaten Pacitan. Dia anak yang periang dan selalu bersemangat. Dia tetap ingin bersekolah meskipun keluarganya kurang berkecukupan.

Dia punya sahabat bernama Isna, yang selalu mendukung dan membantunya. Ada juga si meong, kucing kesayangan tempat ia berbagi keluh kesah.

Suatu hari Isna menyarankan kepada Sri agar ia ikut lomba lari, siapa tahu dengan begitu ia akan dapat hadiah atau beasiswa untuk melanjutkan sekolah. Agar mereka bisa sama-sama masuk SMP.
Tapi bagaimana ya? lomba itu diperuntukkan hanya untuk ada kelas tiga sampai lima, anak kelas enam tidak diperbolehkan ikut dikarenakan harus mementingkan belajar untuk ujian akhir. Lagipula setiap pelajaran olah raga Sri sering kali telat meskipun ia sudah berusaha lari ke sekolah dengan cepat setelah membantu orang tuanya mengumpulkan daun jati. Keterlambatannya itu membuat pak Sigit, guru olah raganya kesal.

Tapi Sri tetap ingin sekali mengikuti lomba lari itu. banyak sekali tantangan yang harus dihadapi Sri untuk mewujudkan harapannya, dan dengan penuh semangat dan tekat yang kuat, dukungan orang tua dan sahabat akhirnya Sri bisa..  ya, akhirnya Sri bisa...

Haru sekali membaca setiap detail kisah Sri dalam meraih penggalan-penggalan harapannya, saat ia berusaha terus berlari meski kakinya sedang terluka, dan bagaimana ia merawat kakinya agar tidak lagi terluka, memakai sepatu kemana-kemana sehingga membuat orang-orang di kampungnya heran bahkan tertawa. Prestasi yang diraih sama sekali tidak didapat dengan instan. Harus ada perjuangan yang pantang menyerah.

Cerita perjuangan seperti ini sungguh menjadi motivasi yang bagus buat anak-anak.
"Berlarilah! asal hati-hati kamu tak akan jatuh" pesan indah di halaman terakhir ditujukan si penulis buat anak laki-lakinya, Manis sekali^^..

***


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari bersilaturrahmi dan berbagi informasi dengan meninggalkan komentar disini. Kami lebih menyukai komentar yang santun dan sesuai dengan konten isi postingan yaaa.. ^^