Minggu, 13 Oktober 2013

Bahagia Saat Hamil Bagi Ummahat


Judul Buku  : Bahagia Saat Hamil Bagi Ummahat.
Penulis        : Mohammad Fauzil 'Adhim.
Penerbit      : Mitra Pustaka
Genre          : Motivasi
Terbit           : April 1999 dan sudah beberapa kali cetak ulang.
Jumlah Halaman  : 332 halaman.

-------------------------------------

Banyak perepuan yang menanti-nantikan datangnya masa hamil, sebuah awal anugerah besar akan mendapatkan buah cinta dari pernikahan yang telah dijalani. Sambil membayangkan ada kaki dan tangan mungil yang menendang-nendang gemas dari dalam rahim. 
Akan tetapi, Tak sedikit juga perempuan yang ketika benar-benar mengalami kehamilan kemudian menjalaninya dengan keluh kesah. Dikrenakan gangguan-gangguan khas kehamilan yang mengganggu dan suami tak mau tahu.
Buku ini mengajak kita (para perempuan maksud saya..) untuk memasuki masa-masa kehamilan  dengan bahagia. Secara praktis buku ini menunjukkan kepada anda bagaiamana menghadapi gangguan-gangguan khas kehamilan, persiapan menghadapi persalinan, sampai bagaimanan kelak menyambut bayi yang telah ditunggu-tunggu itu. 

Saya paling terkesan pada tulisan di bab ke 6. Yaitu bab tentang persalinan. Disana diceritakan bahwa ada perempuan yang bisa mengkond
isikan dirinya sampai bisa merasakan bahwa melahirkan itu tidak sakit. Catat!! TIDAK SAKIT!! wow.. 

Seorang perempuan miskin di London ketika akan melahirkan dan diberikan obat analgesik oleh dokternya, dokter Grantly Dick-Read, namun perempuan itu menolak. Dan dia mengatakan "melahirkan itu tidak sakit, kok". Jawaban itu dikemukakan dengan lugu dan penuh kayakinan. Subhanallah...

Jawaban tersebut merangsang sang dokter untuk melaukan observasi, betapa berbedanya masing-masing wanita dalam menghadapi persalinan. Sakit atau tidaknya melahirkan ternyata juga dipengaruhi oleh kondisi psikis ibu hamil. Secara alamiah, persalinan pastilah menimbulkan rasa sakit. Tapi ternyata ada sebagian wanita yang yang tidak merasakan sakitnya sebagaimana wanita lain. Dan sebagian yang lain merasakan sakit yang luar biasa. 

Melahirkan adalah jihad kaum wanita. Setiap darah yang menetes akan mendapat penghormatan agung di hadapan mahkamah Allah SWT, jika semua itu dilakukan ikhlas demi Allah. Maka jika perempuan sudah mampu menanamkan pada dirinya bahwa melahirkan adalah jihad maka dia tidak akan merasa takut terhadap kematian atau resiko apapun. Sebab itu adalah sebuah resiko dari perjuangan yang gaung. Dan di saat kematian sudah tidak menakutkan lagi, maka apa yang tidak lebih indah daripada melakukan perjuangan dengan baik? dengan ikhlas... dan disaati itulah kita mungkin akan bisa mengatakan kalimat serupa dengan perempuan miskin di london yang ditolong oleh dokter Grantly Dick-Read, malahn bisa lebih hebat. perempuan muslimah yang sukses ikhlas jihadnya akan berucap "Melahirkan adalah kebahagian puncak yang saya rasakan sebagai seorang muslimah.. melahirkan merupakan ibadah yang sangat agung.."... (heuu subhanallah yaaa....)

Keseluruhan buku ini banyak sekali informasi dan motivasi yang amat bermanfaat bagi perempuan yang sedang dalam masa kehamilan. Meskipun ada beberapa pembahasan yang diulang-ulang dalam bab yang berbeda, namun tak mengurangi nilai positif yang disampaikan dari buku ini. Wallahu a'lam.
***

Buku hadiah GA dari sahabat Blogger, Ahmad Muhaimin Azzet. Karena gugling tak berhasil menemukan gambar kaver bukunya, maka saya pakai foto koleksi saya ini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari bersilaturrahmi dan berbagi informasi dengan meninggalkan komentar disini. Kami lebih menyukai komentar yang santun dan sesuai dengan konten isi postingan yaaa.. ^^