Selasa, 08 Oktober 2013

KECIL-KECIL JAGO NULIS



Judul : Kecil-Kecil Jago Nulis.
Penulis  : Nurhayati Pujiastuti, Afifah Afra, Deasylawati P
Penerbit : Lintang Indiva.
Terbit     : Maret 2013.
Jumlah Halaman : 152 halaman.
ISBN    : 978-602-8277-84-6
----------------------------------------

Panduan Menulis Untuk Anak-Anak Tapi Boleh Juga Untuk Dewasa.


Buku panduan menulis ini tergolong unik, karena ditulis oleh 3 orang penulis senior dengan gaya berbeda. Masing-masing memberikan tips yang meskipun sendiri-sendiri namun jika dipadukan ternyata saling berhubungan dan sambung menyambung. Yeaaa.. pasti sudah dikonsep seperti itu lah ya sebelumnya hehe...

Pada Kumpulan tips pertama ala Bunda Nurhayati adalah ulasan tentang kenapa sih harus menulis? pertanyaan itu ditujukan kepada naluri sederhana anak-anak, tentu saja bunda Nurhayati juga memberikan jawaban sederhana yang memikat untuk anak-anak

Aku tidak berbakat menulis, cita-citaku bukan menjadi penulis, menulis itu tidak hebat.... adalah argumen-argumen anak (dewasa kadang juga gitu ya? ^^) semua dijawab oleh bunda Nurhayati. Kemudian sesudah mantap mau menulis dan bingung mau nulis apa? juga diberikan cara memulainya.

Selanjutnya giliran bunda Afifah langsung mengajak bikin deskripsi, tentu saja tak lupa menjelaskan apa itu deskripsi dan peran pentingnya dalam sebuah tulisan. Selain itu beliau juga mengajak langsung membuat narasi, alur, setting, tokoh, dialog dan juga memberikan latihan sebagai bahan penguji kepada pembaca apakah teori yang sudah diberikan sudah diperktekkan atau belum.

Dan yang ketiga adalah kak Deasy. Penulis senior yang satu ini memaparkan apa keistimewaan menulis, diantaranya adalah bahwa menulis itu kegiatan yang mendatangkan pahala, dengan cataan apa yang ditulis itu mengajak kebaikan pada pembacanya. Menulis juga bikin pintar, sehat dan bahkan mencegah kepikunan. Bahkan menulis itu bisa bikin tabungan jadi 'gemuk' dan penulisnya jadi terkenal hehehe.. (asal kalau sudah terkenal gak boleh sombong, harus tetap rendah hati yaaa.. ).

Berbeda dengan bunda Nurhayati dan bunda Afifah, kak Deasy lebih banyak menceritakan tentang proses kreatif menulisnya untuk memberikan gambaran bagaimana sih caranya menerbitkan sebuah buku?. Kemudian kak Deasy pada akhir tulisannya juga memberikan pesan berupa 3 larangan : jangan berhenti latihan, jangan berhenti membaca dan jangan menyerah (*)

Dan sungguh, buku ini tak hanya cocok untuk anak-anak, orang dewasa yang serius ingin belajar menjadi penulis juga sangat pas dan bermanfaat jika mau membaca buku ini. 

4 komentar:

  1. kalu niat jadi penulis, ne buku sepertinya jadi wajib baca ya mba? *garuk-garuk kepala selaku penulis abal-abal ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. penulis beneran lah mbak sarah :)

      Hapus
  2. Penulis-penulis Indiva, tentunya :-)

    BalasHapus

Mari bersilaturrahmi dan berbagi informasi dengan meninggalkan komentar disini. Kami lebih menyukai komentar yang santun dan sesuai dengan konten isi postingan yaaa.. ^^