Kamis, 27 Februari 2014

Kekuatan Kasih Ibu, Seperti Langkah Seperti Seribu Kuda




Judul Buku : Ibu Sayang Kamu
Penulis        : Irma Irawati
Penerbit      : Adibintang
Terbit          : Cetakan Pertama Desember 2013
Jumlah halaman : 118 Halaman
Harga        : Rp57.000
ISBN          : 978-602-1254-57-7
---------------------------------------------------

Menjadi ibu adalah perjalanan tak berjeda. Penuh liku dan warna-warna yang terkadang tak pernah tebayangkan sebelumnya. Naluri perempuan saat menjalani kodrat menjadi ibu sering menjadi berlipat kali lebih tangguh berjuang dan bahkan berkorban demi buah hati yang telah dititipkan dalam rahimnya.

Banyak sekali kisah nyata yang benar-benar luar biasa. Cerita fakta yang terkadang lebih dramatis daripada film atau sinetron. Seorang penulis yang juga seorang ibu mengisahkan beberapa cerita nyata yang didapatnya dari berbagai narasumber.

Kisah yang diangkat diantaranya adalah tentang seorang ibu yang harus menghadapi kenyataan bahwa bayinya yang baru berusia dua bulan divonis buta oleh seorang dokter. Ia mencoba meragukan diagnosa dokter itu dan membawa bayinya untuk periksa ke Rumah sakit yang lebih besar, berharap semoga diagnosanya berbeda. Namun ternyata hasil diagnosa dari RS tersebut malah lebih berat lagi, karena setelah diperiksa lebih teliti bayi itu dinyatakan terkena Syndrome Rubella Congenitel. Rubella atau campak jerman adalah virus yang menyerang janin yang belum lengkap pertumbuhannya pada saat ibu hamil. Cenderung merusak fungsi organ tubuh janin, sehingga mengakibatkan bayi yang lahir mengalami banyak kelainan. Pada kasus ibu tersebut bayinya mengalami kelainan mata katarak, telinga tuli, jantung bocor dan mikrosefalus (kepala kecil) dan juga sistem syaraf yang terganggu.

Mendapati kenyataan seperti itu sang ibu mulai menjalani peran dan tugasnya lebih banyak dari porsi yang biasa dijalani ibu-ibu lainnya. Kesedihan luar biasa adalah membayangkan betapa sulit kehidupan yang akan dijalani buah hatinya kelak dengan berbagai kelainan dalam tubuhnya.

Sejak itu sang ibu menjadi pengunjung rutin Rumah sakit besar itu demi memperjuangkan kemajuan bagi putranya setahap demi setahap. Hari ini periksa jantung, besok kontrol mata, besoknya lagi telinga, terapi dan seterusnya. Kenyataan pahit itu tak hanya harus diterima dengan lapang dada namun juga harus diperjuangkan untuk merangkak sedikit demi sedikit dalam mengubahnya menjadi lebih baik. Seolah mempunyai kekuatan seribu kuda, sang ibu mengantarkan putranya kemana saja. Menggendong bayi yang semakin bertambah bulan semakin berat bobot badannya, turun naik gedung RS yang tinggi dan juga berjalan dari ujung ke ujung dan dari gedung ke gedung lainnya.

Sembilan kisah lain tentang ibu yang menakjubkan diceritakan dengan sederhana oleh penulisnya. Sederhana namun mampu mengguratkan pesan dan makna yang mendalam dalam setiap alurnya. Jika dibaca oleh jiwa yang peka niscaya akan sangat mudah untuk meneteskan air mata.


Buku yang layak dibaca anak-anak agar lebih menghormati dan menyayangi ibunya, karena bahasa penceritaan yang sederhana dan disertai gambar ilustrasi yang menarik. Selain itu juga cocok dibaca para ibu agar lebih bersyukur dan bersemangat menjalani tugas dan peran menjadi ibu yang terkadang disapa rasa lelah, jenuh dan bosan. Kisah nyata para ibu yang luar biasa itu bisa dijadikan motivasi agar menjadi ibu yang lebih tabah menjalani perjalanan yang tak berjeda dalam mendampingi keluarga.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari bersilaturrahmi dan berbagi informasi dengan meninggalkan komentar disini. Kami lebih menyukai komentar yang santun dan sesuai dengan konten isi postingan yaaa.. ^^