Rabu, 30 April 2014

Masa SMA, Surganya Para Pelajar.

       
                                 
  
Judul Buku : High School Paradise, Surganya Anak SMA
Penulis        : Orizuka
Penerbit      : Puspaswara
Terbit          : Cetakan pertama 2012
Jumlah Halaman : 216 Halaman
ISBN           : 978-602-8290-85-2
-------------------------------------

Lando, Rama, Sid dan Cokie adalah 4 siswa yang selama 2 tahun selalu datang terlambat ke sekolah mereka di SMA Athens. Dan mereka melakukannya dengan sengaja untuk membuat Pak Ghozali, guru olah raga mereka gusar. Bahkan empat anak badung itu juga menjuluki guru olah raga itu dengan sebutan Godzilla.

Empat siswa yang bisa dibilang paling top dan keren di SMA Athens, meskipun selalu menjadi langganan berbagai macam hukuman dari pak Ghozali, tak dapat menutupi kenyataan bahwa mereka berempat itu juga murid-murid yang pintar dalam pelajaran akademisnya, mereka merupakan aset yang dibanggakan di Athens.

Sesungguhnya mereka suka mencari gara-gara dengan guru olah raganya itu adalah untuk menunjukkan protes kepada sekolah. Kenapa sekolah elite seperti Athens tidak menyediakan ekskul sepak bola. Olah raga yang sangat mereka sukai, olah raga yang membuat persahabatan antara mereka berempat menjadi kukuh dan solid. Sepak bola yang membuat Lando melupakan masalah keluarganya yang buruk, sepak bola juga yang membuat Lando meninggalkan kehidupan keras jalanan berteman preman dan sepak bola juga yang bisa membuat Lando mampu percaya diri bergaul dengan Cokie, Rama dan Sid yang berasal dari keluarga berada

Hukuman dari pak Ghozali semakin berat dari hari ke hari. kedua kubu sama-sama tak mau mengalah. Muridnya tebal muka gurunya keras kepala. Hingga suatu hari bertambah satu lagi orang yang kena hukuman terlambat datang selain Sid dan tiga kawannya. Julia.

“Setengah permasalahan di dunia ini akan bisa terselesaikan apabila kamu pintar!” Adalah ucapan Histeris Julia saat ia ketahuan sedang menangis oleh Sid. Gadis itu perlahan masuk dalam kehidupan empat cowok badung itu ketika Sid menyadari bahwa ada sesuatu pada diri Julia yang mirip dengan Lando. Yang membuat mereka seolah mengemban tugas khusus untuk menyelamatkan dan membantu Julia.

Sebuah tema motivasi belajar dalam novel ini dirakit dengan manis berpadu dengan cerita remaja dalam liku-liku kehidupan keluarganya. Sid yang mempunyai Mama Singgle Parents, seorang artis cantik dan sering menjalin hubungan dengan laki-laki aneh dan tidak jelas membuat Sid harus menjadi lebih dewasa melampaui usianya yang belia, hanya untuk menjaga dan melindungi mamanya.

Cokie dan Rama dengan kehidupan yang nyaris sempurna namun bukan berarti mereka harus menikmatinya sendiri tanpa berbagi kepada sekelilingnya.

Sementara Lando dengan ayah pemabuk dan frustasi kerena ibunya kabur bersama pria lain, Lando harus bekerja untuk menghidupi dirinya juga ayahnya. Seringnya mendapat kekerasan fisik dari ayahnya menjadikan Lando punya perangai kasar dan terjerat arus pergaulan dengan preman-preman jalanan.

Jalinan cerita dalam novel remaja ini cukup memberikan perenungan tentang apa arti keluarga dalam kehidupan remaja. Tak hanya bertutur soal hubungan cinta-cintaan ala remaja saja namun lebih banyak mengulas persahabatan, perjuangan mengejar prestasi akademik dan empati antara sesama manusia.

Masa SMA adalah surganya para pelajar. Disanalah masa belajar tentang banyak hal, masa semangat sedang mulai dinyalakan. Menggapai dan memperjuangkan apa yang dirasa layak didapatkan adalah catatan utama para pembelajar.

Berhasilkan Sid dan kawan-kawan dalam memperjuangkan Eskul Sepak Bola sekaligus menyelesaikan misi menyelamatkan Julia? Semua bisa didapatkan jawabannya dalam novel berkaver hijau ini, sembari menikmati  jalinan kata kisah remaja yang segar, manis namun penuh makna.(*)

2 komentar:

  1. Belum baca ini. Tapi seperti ciri khas Orizuka ya selalu menyelipkan tentang peran keluarga di karya2nya. Sepertinya Orizuka ini dibesarkan di keluarga yang hangat *sotoy* :D

    BalasHapus
  2. iya jadi pengen baca yg laen deh.. buku orizuka ini.. aku suka contoh keluarga tak sempurna semisal broken home tapi anak2nya sukses move on dan tetep berusaha menjadi berguna.. keren deh :)

    BalasHapus

Mari bersilaturrahmi dan berbagi informasi dengan meninggalkan komentar disini. Kami lebih menyukai komentar yang santun dan sesuai dengan konten isi postingan yaaa.. ^^