Minggu, 29 Desember 2013

Noblesse Oblige, Orang Kaya Tidak menjadi Hebat Karena Usahanya Sendiri.


Felix Blum, anak berusia 12 tahun adalah siswa di Schonbrunn Ingolstadt, Jerman. Dia menggagas sebuah proyek “menjadi orang kaya” bersama dua teman seusianya, Pater Walser dan Janna Jampieri.

Mereka mencoba bermacam-macam hal. Dengan dibantu paman Adam Sachmitz, pemilik toko peralatan musik yang mahir bermain Saksofon. Dia banyak memberikan nasihat kepada Felix dan teman-temannya tentang segala hal yang berhubungan dengan ilmu  perekonomian.

Felix dan teman-teman pernah menjalani bisnis penjualan jasa mengantar roti. Boleh dibilang itu sama saja dnegan pekerjaan paruh waktu sebagai pesuruh mengantar roti. Namun mereka mengubah sebutannya sesuai dengan istilah-istilah ekonomi yang sering dan suka sekali mereka diskusikan bersama dengan paman Schmitz  agar lebih bersemangat.

Setelah uang dari ‘perusahaan penjualan jasa antar roti’ itu lumayan terkumpul, Felix dan teman-temannya mencoba peruntungan usaha beternak ayam petelur di halaman rumah paman Schmitz.

Hingga suatu hari mereka menemukan sejumlah koin emas yang tersembunyi di dalam kotak klarinet milik paman Schmitz. Dan dari sanalah petualangan Felix dan teman-temannya menjadi semakin seru dan asyik untuk diikuti.

Alur cerita digambarkan dalam media komik dengan ilustrasi yang menarik. Bahasa yang digunakan sederhana, cocok sekali untuk segmen anak berumur dua belas tahun (atau juga orang-orang berusia diatasnya) yang berminat dengan keilmuan bidang ekonomi. Karena dikemas sederhana, di dalamnya kita bisa mempelajari ilmu ekonomi dengan kerumitan yang diminimalkan.

Kita bisa memahami pengertian pembukan sistim rangkap, investasi dan spekulasi, apa itu saham dan obligasi serta berbagai sitilah dasar dalam dunia ilmu ekonomi.

Buku ini menyiratkan visi bahwa sejak usia kanak-kanak tak ada salahnya dimotivasi untuk bercita-cita menjadi orang kaya, sebagaimana Felix. Namun tetap ada penyeimbang pemikiran yang dititipkan pada tokohnya yang bernama Sarah Schmitz, putri Adam Schmitz yang selau percaya bahwa di dunia ini ada yang lebih penting daripada uang, yaitu kebahagiaan.

Kelak, setelah meraih kekayaan dan kesuksesan, ada istilah yang direnungkan oleh Felix. Yaitu : Noblesse Oblige (bahasa Prancis). Artinya adalah : orang kaya memiliki tanggung jawab kepada masyarakat atas dukungan mereka. karena orang kaya tidak menjaid hebat dengan usaha tangannya seorang diri. Semisal pengusaha penjual makanan yang sukses itu dikarenakan ada masyarakat yang membeli.

Buku ini terbagi menjadi 4 seri, seri pertama bertema : Uang, kedua : investsi, ketiga : Uang dan Inflasi dan keempat : ekspor dan Impor. Pada seri kedua yang bertema investasi ini diakhiri dengan epilog teka teki siapakah pemilik koin-koin emas yang ditemukan Felix. Akan lebih lengkap lagi untuk mengkoleksi keseluruhan tema buku ini.(*)





  

Judul buku : Felix Whants to be Rich (2)
 Genre   : Komik
Penulis   : Nikolaus Piper
Ilustrasi : Song Dong Geum
Penerjemah : Ika Novita Sari
Penerbit  : Bentang Belia
Terbit  : Cetakan pertama Mei 2013.
Jumlah Halaman : 186 halaman.
ISBN  : 9786027975040
Harga  : Rp 69.000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari bersilaturrahmi dan berbagi informasi dengan meninggalkan komentar disini. Kami lebih menyukai komentar yang santun dan sesuai dengan konten isi postingan yaaa.. ^^