Senin, 13 Januari 2014

Penting (Atau Tidak) Mengejar Tanda Tangan Penulis?

Gambar berasal dari web ini : http://www.anneahira.com/tanda-tangan-artis.htm


Penting tidak sih mendapatkan tanda tangan penulis?....

Ini sekedar pendapat dan selera saya sih. Bagi saya tanda tangan dari penulis buku itu tidak penting, meskipun sangat saya idolakan dan saya sukai tulisan-tulisannya. Kenapa nggak penting? entahlah bagi saya sih kayaknya jauh lebih penting adalah tulisan-tulisan di dalamnya dan manfaat yang saya dapatkan setelah baca.


Tapi meskipun begitu saya tidak menolak sih kalau penulis membubuhkan TTD pada buku yang saya beli online langsung ke penulisnya. Soalnya kan saya nggak perlu riweh ngejar-ngejar si penulis seperti yang sering saya lihat saat acara bedah buku atau diklat kepenulisan yang dihadiri penulis beken itu. Harus lari-lari dan rela berdesak-desakan hanya demi sebuah coretan tanda tangan atau foto bareng. Hmmm..


Sekali lagi ini hanya pendapat saya, selera saya..

Pendapat seperti ini bukan karena saya sudah emak-emak yang tak lagi punya kobaran menggebu-gebu seperti anak muda hihihi.. asal tahu saja, sejak saya abege itu rasanya sudah ilfil melihat fenomena kejar-kejar artis (entah itu penyanyi, pemain film, pemain sinetron atau juga penulis..) kemudian sampai dibelain desak-desakan, lari-larian begitu. Buat apa sih? toh TTD itu dipandangi sebentar juga sudah bosan? hmmm.. beda lagi kalau mungkin diatas TTD itu ada kalimat singkat berupa mitovasi ya, itu sih lumayan buat penyemangat saat kita membuka-buka buku lagi. Nah kalau kalimat motivasi aslinya tuh kan sudah ada dalam tulisan bukunya, napa harus kejar-kejar lagi buat dapetin secuil kalimat itu (dipadu TTD)?

Dan akhirul kalam untuk ketiga kalinya saya tulis lagi. Ini sekedar pendapat saya dan selera saya terhadap TTD penulis buku. Saya tetap cinta buku, cinta membaca dan juga sangat menyayangi dan mengagumi (sekaligus berusaha mengambil pelajaran dari mereka) para penulis yang tulisannya keren dan bermanfaat.


Anda pembaca postingan ini boleh berpendapat berbeda.... ^^





15 komentar:

  1. hihihihi yah kalo aku sih gak ngoyo amat kok mb... kalo kebetulan ada penulisnya ya kalo dikasih TTD gapapa... kalo gak ada juga gak papaaaa :-)

    BalasHapus
  2. siip begitulah intinya mbak.. makasih ya sdh berkunjung :)

    BalasHapus
  3. Senang kalau selain ttd penulis ada nama kita ditulis si penulis. Rasanya sesuatuuuu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal gak sampe terlalu ngoyo nyarinya ya hehe..

      Hapus
  4. ini bisa di bilang ikut-ikutan...
    seperti nafsu bertemu artis krn ketenarannya, atau...
    kalo kita (sengaja) bertemu penulis, bicara lalu minta tanda tangan
    apakah sama dengan dengan fans artis?
    tak usah di jawab, jawab di hati mu saja

    BalasHapus
  5. Jadi... kamu sendiri bersedia gak diminta ttd di peluncuran bukumu kelak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bersedia saja kalau diminta baik2 mbak.. tp saya gak nawarin TTD pas promo hihi..

      Hapus
  6. kalo buat aku kok gak terlalu penting ya Mbak. hehe...

    BalasHapus
  7. Kalo aku justru lebih suka yang susah payah ketemu penulisnya untuk minta tanda tangan ketimbang beli preorder buku bertanda tangan di toko buku online. Buatku, yang terakhir ini nggak berkesan. Segala sesuatu menurutku lebih berharga karena ada usaha mendapatkannya. Selain itu, kalo ketemu muka, biasa penulisnya nulis "To: Nana" (dan ada juga yang disertai pesan2) sedangkan kalo beli online cuma tanda tangan aja.
    Tapi aku biasa cuma ngejar tanda tangan penulis yang karyanya aku suka aja atau yang emang udah berapa bukunya jadi favoritku. Karena aku tau kalo buku itu bakal kusimpen. Kalo buku yang biasa-biasa aja sih biasanya aku jual lagi atau aku sumbangin. Sayang juga kan kalo ada tanda tangan penulisnya, apalagi kalo yang jelas2 ditulis namaku di sana.

    BalasHapus
  8. Penting nggak yah, saya sih biasa aja Mbak, tapi klo bukunya langsung dari penulisnya, biasanya memang dapet TTD, ada kalimat dan nama saya ditulisnya, itu juga dengan teman-teman penulis yang sudah saya kenal. Kalo nguber2 penulisnya pas di acara tertentu, sepertinya nggak mbak :D

    BalasHapus
  9. nathalia : tos ya :D
    martina : hihi seseatu yang didapat dengan perjuangan sangat berharga ya.. jd mungkin pas baca2 dan lihat TTD itu ingatnya perjuangannya :)
    mbk oci : iya nguber2 itu yang bikin riweh.. kalau onlen dr penulisnya langsung sih mau kan ga pake riweh . hehe

    BalasHapus
  10. nathalia : tos ya :D
    martina : hihi seseatu yang didapat dengan perjuangan sangat berharga ya.. jd mungkin pas baca2 dan lihat TTD itu ingatnya perjuangannya :)
    mbk oci : iya nguber2 itu yang bikin riweh.. kalau onlen dr penulisnya langsung sih mau kan ga pake riweh . hehe

    BalasHapus

Mari bersilaturrahmi dan berbagi informasi dengan meninggalkan komentar disini. Kami lebih menyukai komentar yang santun dan sesuai dengan konten isi postingan yaaa.. ^^