Senin, 20 Januari 2014

Ibu Tiri Ada Juga yang Baik Hati




Judul Buku : Aku Sayang Bunda
Penulis       : Nurhayati Pujiastuti
Penerbit     : Lintang Indiva
Terbit        : Cetakan pertama Januari 2011
Jumlah Halaman : 91 halaman
ISBN        : 978-602-8277-36-5
-----------------------------------------------


Nayla kebingungan saat mendengar ucapan Wati, sepupunya. Wati mengatakan bahwa bundanya sekarang bukanlah Bunda betulan alias ibu tiri. Ditambah lagi, Wati juga cerita bahwa ibu tiri itu... hiii galak sekali, suka mukul, suka marah-marah dan lain-lain.

Saat ditanya lebih jauh tentang hal itu Wati malah menutup mulut. Tak mau menceritakan kelanjutannya, kalau Bunda Aida bukan bunda betulannya Nayla, trus siapa sebenarnya bunda betulannya Nayla?

Sebuah cerita anak-anak dengan penceritaan sudut pandang anak-anak ini ditulis dengan apik oleh penulisnya, Bunda Nurhayati. Tema Ibu Tiri yang mana kebanyakan digambarkan kejam dan suka menyiksa di berbagai dongeng lain agaknya banyak tersimpan dalam memori anak-anak, digambarkan berbeda dalam novel -Aku Sayang Bunda- ini.

Nayla bingung, bunda Aida begitu lembut dan selalu baik kepadanya, bagaimana mungkin dia bukan ibu kandungnya? Wati sudah tidak bisa ditanyai lagi perihal itu karena tidak jadi menginap di rumahnya. Maka tak ada lagi tempat bertanya untuk menjawab rasa penasarannya kecuali kepada Ayah dan Bundanya. Benarkah apa yang dikatakan Wati itu.


Dan Nayla mendapatkan jawabannya sekaligus akan dipertemukan dengan ibu kandungnya. Dengan syarat Nayla harus siap menerima kenyataan apapun nanti tentang ibu kandungnya.

Antara takut dan tetap ingin tahu. Nayla menyanggupinya, sehingga dimulailah petualangannya menemui ibu kandung yang telah melahirkannya.

Sampai disini kisahnya cukup sederhana dan cocok buat anak-anak. Meskipun bagi saya pribadi agak bertanya-tanya tepatkah sikap ayahnya Nayla meninggalkan anak seumur Nayla menginap di rumah orang yang baru ditemuinya?, meskipun itu neneknya (dari ibu kandung) padahal diketahui temperamen mereka sangat berbeda dengan kelembutan bunda Aida dalam keseharian yang diakrabi Nayla. Juga ibu kandung nayla yang ternyata keadaanya amat 'mengerikan' bagi seorang anak. Bagi saya itu terlalu mencekam buat Nayla. Namun ya terserah penulisnya sih... hehe

Memangnya kenapa sih ibu kandungnya Nayla itu? apa yang terjadi selama Nayla berada di rumah neneknya? semuanya bisa diketahui dengan membaca lengkap novel anak ini.

Novel ini cocok sekali untuk mengubah presepsi anak tentang ibu tiri, juga pesan moral untuk selalu sayang, hormat dan taat kepada orang tua, baik itu kandung atau tiri.(*)





1 komentar:

  1. cerita anak ya Mbak? cerita anak yang bercerita tentang Ibu Tiri, gimana ya? lucu mungkin ya presepsi tentang Ibu Tiri :D

    BalasHapus

Mari bersilaturrahmi dan berbagi informasi dengan meninggalkan komentar disini. Kami lebih menyukai komentar yang santun dan sesuai dengan konten isi postingan yaaa.. ^^